Cara Membeli Rumah Tanpa DP

Pada dasarnya hampir tidak ada bank yang menawarkan Kredit Rumah KPR dengan DP 0%. Sejauh ini hanya BSM yang benar-benar
memberikan KPR Rumah Tanpa DP, itupun dengan serangkaian persyaratan yang tidak semua orang dapat memenuhinya. Dua Bank lain yang “hampir” memberikan Rumah KPR Tanpa Uang Muka adalah Bank Bukopin dan Bumiputera, untuk lembaga keuangan lainnya tetap diperlukan uang muka sebagai persyaratannya.

KPR Mengakali DP Rumah Jadi KPR Tanpa DP

Walaupun perbankan yang memberikan KPR tanpa DP sangat terbatas, namun kita masih bisa Mengakali DP Rumah Jadi KPR Tanpa DP ini. Celah yang dipakai adalah dengan memanfatkan diskon yang diberikan oleh pihak developer hingga Mark Up harga rumah. Tentu ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang berani, bukan yang hanya menunggu dan berharap DP KPR 0%.

Beberapa Cara Mengakali DP Rumah Jadi KPR Tanpa DP
Potongan Harga
Kita bisa memanfaatkan celah potongan harga sebagai DP rumah. Banyak Developer melakukan perang potongan harga, apalagi jika kita melihatnya di pameran property dimana banyak sekali Developer menawarkan perumahan terbaru mereka. Cara yang digunakan juga cukup mudah, yaitu dengan menganggap potongan harga tersebut sebagai DP Rumah. Tentu kita mesti melakukan kordinasi terlebih dahulu dengan pihak Developer atau penjual sebelum melakukan transaksi yang melibatkan pihak Bank.

Sebagai contoh, sebuah rumah tipe 72/150 di hargai Rp 200 juta. Pihak developer menawarkan potongan harga sebesar 20% atau Rp 40 juta. Maka ajukanlah ke pihak Bank dengan harga asli Rp 200 juta dengan DP 20%. DP 20% tadi kita dapatkan dari potongan harga yang diberikan Developer, jadi pihak bank akan mengucurkan dana KPR sebesar 80% atau Rp 160 juta. Ini sudah menutupi semua kebutuhan dana KPR rumah tersebut hingga bisa dibilang KPR tanpa DP. Tentu sebelumnya kita mesti menghubungi pihak pengembang perumahan terlebih dahulu seakan-akan kita sudah membayarkan DP rumah sebesar 20% kepada pihak pengembang.

Mark Up Harga
Setiap rumah tentu akan mempunyai harga yang berbeda, mengikuti lokasi, ukuran, type hingga bahan yang dipakai. Perbedaan setiap harga rumah ini bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan KPR rumah tanpa DP atau KPR Rumah 100%. Caranya hampir sama, kita harus melakukan kordinasi dahulu dengan pihak penjual / Developer. Biasanya pihak penjual akan mengikut saja, karena mereka juga ingin rumah mereka cepat terjual.

Contohnya adalah seperti ini. Sebuah rumah dijual seharga Rp 200 juta, dengan DP yang disyaratkan 20%. Harus di ingat bahwa keinginan kita dana yang dikeluarkan Bank sebesar Rp 200 juta ini setara dengan 80%. Maka kita harus tambahkan sebesar Rp 50 juta, jadi harga yang kita ‘laporkan’ pada pihak bank adalah Rp 250 juta. Dimana bank akan memberikan 80% pembiayaan kredit rumah dari Rp 250 juta tersebut, atau setara dengan Rp 200 juta.

Cara mark up harga ini lebih cocok bila dilakukan untuk pembelian rumah bekas, atau rumah non-developer. Sebab bila rumah yang kita mark up terletak di perumahan, maka kemungkinan besar pihak Bank akan mengetahui harga sebenarnya karena tentu banyak rumah di jual dengan harga yang sama di lokasi tersebut. Berbeda dengan harga rumah yang sudah jadi, harga rumah sudah tidak mengikuti harga pasaran lokasi tersebut.

Manfaatkan Dana Ditahan Developer Di Bank
Developer / penjual umumnya sudah bekerjasama dengan pihak Bank untuk penjualan properti tanpa uang muka. Perjanjian ini umumnya tidak diketahui langsung oleh konsumen. Dana ditahan milik Developer di bank ini biasanya sebagai pengganti uang muka yang harus di siapkan konsumen. Sebab pada umumnya DP itu masih harus ada, jadi pihak developer yang menanggung Dp tersebut untuk sementara. Program ini biasanya dilakukan oleh developer yang ingin menjual perumahan mereka dengan cepat hingga bisa di beli tanpa uang muka.

Cara-cara mengakali DP Rumah jadi KPR Tanpa DP diatas bisa diikuti, yang paling enak memang jika pihak Developer sendiri yang menawari seperti pada cara ketiga. Namun untuk melakukan cara Mark Up sebaiknya sudah diperhitungkan dengan matang, bahkan ada kalanya kita mesti mendekati juga pihak peninjau kredit dari pihak Bank. Semoga Cara Mengakali DP Rumah Jadi KPR Tanpa DP ini bisa membantu Anda mendapatkan KPR Tanpa DP.

Sumber : www.bangunrumahkpr.com

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...