Modus Penipuan Baru Pakai Struk Palsu Bank

Sepertinya para penipu dunia maya tidak bosan bosannya melakukan tindak kejahatan.
Mulai dari Mama Minta Pulsa, Hadiah Undian Telkomsel, Hadiah Undian Pop Mie, Deterjen, SMS Hadiah, BBM Hadiah dan lain sebagainya.

Kalau dulu para penipu memakai blog gratisan. Sekarang mereka sudah mau modal dengan membuat website berbayar.
Hati hati untuk anda terutama penjual online. Karena sekarang sudah ada software atau acara tidak hanya membuat struk palsu bank namun sudah bisa membuat bukti transfer palsu bank. Cara pembuatannya pun sudah banyak diposting blog bahkan di youtube. Sehingga orang awam pum bisa membuatnya. Malah kalau saya perhatikan. Para penipu ini sepertinya adalah anak anak SMA yang mungkin ingin mencari pulsa gratis atau barang gratis karena uang saku dari ortunya kurang.
Sebab kejadian yang pernah saya lihat adalah seorang penjual pulsa online yang baru membuka toko di Shopee, langsung ada yang beli sebesar 300rb. Tapi ketika disuruh beli via Shopee. Dia malah ingin transfer langsung. Dengan alasan transfer di Shopee suka lama. Kemudian tidak lama menunjukkan bukti transfer internet bankingnya. Untung saja si penjual tersebut langsung mengecek saldo dan mutasi rekeningnya. Yang ternyata setelah dicek tidak ada transaksi.
Si penipu pun ngeyel dan berdalih mengatakan bahwa dia sudah transfer dan saldo rekeningnya sudah terpotong.
Untung saja si penjual tetep keukeuh dan meminta si penipu komplain saja ke pihak bank BCA. Dan mengatakan "anda pikir saya tidak bisa internet banking! Anda berani-beraninya mau menipu saya"! Langsung seketika itu Whatsapp si penipu DPnya langsung dikosongkan alias tidak pakai gambar.
Kasihan bila ada penjual online ini adalah orang yang "segaptek" alias setengah gagap teknologi. Jadi diberi bukti palsu takutnya bisa langsung percaya.
Jadi buat anda:
Hindari penerimaan pembayaran secara langsung
Usahakan via marketplacenya saja
Bila terpaksa pakai pembayaran langsung/transfer. Usahakan bahwa uang sipengirim sudah masuk ke rekening anda.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...